eece6421-f648-4a6f-8a13-344241ae56c4_169-300x276 PERISTIWA  Sidang Isbat Kemenag Putuskan Lebaran Hari Jumat Besok

Menteri Agam Lukman Hakim Saifudin, foto dok

Gapura Jakarta ,- Setelah melalui sidang isbat yang digelar Kementerian Agama (Kemenag) dengan melibatkan berbagai perwakilan ormas Islam Indonesia, di Gedung Kemenag Jakarta, Kamis (16/7/2015), akhirnya semua menyepakati dan diputuskan serta menetapkan bahwa 1 Syawal 1436 Hijriah yaitu pelaksanaan Sholat Iedul Fitri akan dilaksanakan serentak pada hari Jumat 17 Juli 2015 Besok.

Ketetapan itu diputuskan setelah melaksanakan sidang isbat oleh Tim Badan Hisab Rukyat Kemenag, dengan diawali  sidang hisab berisi memaparkan posisi hilal sore tadi dari seluruh wilayah tanah air. Bahkan juga posisi hilal dari belahan dunia di sejumlah negara.

“Posisi hilal yang tercatat di Pelabuhan Ratu berada pada posisi 3,11 derajat. Berada di atas kriteria yang dipegang oleh Indonesia” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dalam konferensi pers penetapan 1 Syawal hari ini.

Menurutnya, sedikitnya ada tiga tempat yang berhasil melihat hillal, yaitu Bukit Condrodipo di Gresik dengan lima orang yang melihat hilal; di Tanjung Kodok, Lamongan, Jawa Timur; di Bojonegoro dilihat oleh Camat dan Wakil Bupati Bojonegoro; dan di Kepulauan Seribu.

“Dengan ada empat titik yang berhasil lihat hilal, maka tim menyepakati, malam ini kita sudah memasuki 1 Syawal 1436 Hijriah. Alhamdulillah tahun ini seluruh umat Islam Indonesia akan bersama melaksanakan sholat Ied besok pagi pukul 7 pagi,” Ungkapya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang