C360_2015-10-18-14-21-08-632-300x225 PERISTIWA  Hutan Jati Gunung Sangkur Banjar Ludes Dilalap Api

Sejumlah petugas saat mencoba melokalisir rembetan api di hutan jati banjar, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,- Akibat kemarau panjang yang belum juga berakhir membuat sejumlah peristwa kebakaran hutan terus terjadi diwilayah Kota Banjar, Jawa Barat. Kali ini kebakaran melanda hutan jati Gunung Sangkur di Dusun Sukaharja, Desa Karyamukti, Kecamatan Pataruman Kota Banjar, Minggu (18/10/2015). Sedikitnya 10 hektar lahan hutan jati tersebut ludes  dilalap si jago merah.

Menurut informasi yang berhasil dihimpun dari lokasi kejadian , titik api mulai terlihat sekitar pukul 10.00 WIB Minggu (18/10/2015) siang. Melihat hal tersebut, petugas langsung melakukan upaya pemadaman api dengan peralatan seadanya.

“Karena medannya cukup sulit, sehingga kami memadamkan api dengan cara manual,”ujar Serda Hendar Purwanto selaku Babinsa Desa Karyamukti.

Sejumlah relawan dan petugas terus berusaha untuk memadamkan api. Mereka adalah BPBD Kota Banjar, Babinsa Karyamukti, Babinkamtibmas, Koramil, Polsek Pataruman, dan Perhutani.

Hal yang sama pun diucapkan Eso (55) selaku Ketua Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH). Ia mengatakan bahwa sebagian besar api sudah mulai dipadamkan, dan hanya masih tersisa titik-titik api kecil.

“Setelah dipantau, api mulai padam, tinggal titik-titik api kecil saja,”ujarnya.

Sementara itu petugas Polsek Pataruman Brigadir Sutomo menghimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati dalam membuang puntung rokok atau membakar ranting-ranting kecil pohon.

“Karena musim kemarau, untuk itu kami memohon dan menghimbau kepada masyarakat supaya tidak membuang puntung sembarangan dan membakar ranting-ranting pohon yang sudah kering,”himbaunya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang