12092367_927494683983811_957237625_n-300x169 PERISTIWA  Warga Cibalong Garut Selatan, Lestarikan Pantai Dengan Menanam Bakau

Salah seorang anak bersama tanaman bakau yang baru ditaman orang tuanya di Cibalong Garut Selatan, foto Istimewa

Gapura Garut ,- Sebagian warga terutama penggiat lingkungan dipesisir pantai Kecamatan Cibalong,  wilayah selatan Kabupaten Garut, Jawa Barat, semakin rajin melakukan penanaman pohon Bakau yang kini kondisinya mulai banyak diabaikan masyarakat sekitar.

Salah seorang penggiat lingkungan setempat Firdaus mengatakan pihaknya akan terus melakukan berbagai upaya agar kawasan pesisir pantai yang ada diwilayah kecamatan Cibalong tetap terjaga.

“Salah satu perjuangan dari masyarakat Cibalong selama ini adalah menolak masuknya kegiatan tambangan yang mengincar keberadaan pasir besi, penolakan warga dilakukan salah satunya dengan terus menanam pohon bakau”, Kata Firdaus baru-baru ini.

Menurutnya, tidak banyak yang dapat diwarisakan untuk generasi mendatang agar keberadaan pesisir selatan Cibalong tersebut tetap terjaga salah satunya dengan terus mempertahankan bibir pantai dari gerusan ombak yang terus menerus menggerusnya.

“Salah satu cara yang efektif untuk menangkal gerusan ombak adalah dengan kembali menanami pohon bakau yang dapat berpungsi sebagai penahan air atau ombak secara tidak langsung”. Ungkapnya.

Warga kecamatan Cibalong saat ini mulai menyadari pentingnya kembali menanam pohon bakau disekitar pesisir pantai agar lingkungan disekitarnya tidak rusak.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang