140713_JABAR_CIAMIS_LONGSOR-4-RUMAH-01-001_0001-300x225 PERISTIWA  Dua Hari Turun Hujan, Sejumlah Peristiwa Longsor Terjadi di Garut

gambar longsor, foto Dokumen

Gapura Garut ,- Hujan deras yang mulai turun dikabupaten Garut dalam dua hari terakir ini menjelang malam hari, membuat sebuah tebing di Kampung Cigadog, Desa Padamukti, Kecamatan Pasirwangi, Kabupaten Garut, mengalami longsor. Peristiwa longsornya tebing tersebut terjadi  sekitar pukul 17.30 WIB petang. Panjang longsoran mencapai 20 meter dengan ketinggian 3,5 meter.

Menurut keterangan sejumlah warga, material longsoran tanah tebing tersebut menimpa rumah seorang warga bernama Ujang Didi, (40). Sejauh ini meski menimpa rumah, longsoran tanah itu tidak menimbulkan korban jiwa.

“Saat hujan turun cukup besar tiba-tiba tebing yang ada di dekat rumah saya longsor dan menimpa sebagian bangunan rumah hingga mengalami kerusakan,” kata Ujang, saat ditemui Kamis (5/11/2015).

Ujang mengaku bersyukur karena peritiwa longsoran tebing tersebut tidak mengakibatkan korban jiwa.

“Alahamdulillah, semua anggota keluarga saya  selamat. Namun kami masih kaget dan shock terus rumah kami juga mengalami kerusakan cukup parah”, Ucapnya.

Sementara itu ditempat terpisah sehari sebelumnya, longsor juga terjadi di Kampung Ciseupan, RT 03 RW 11, Desa Sindangsuka, Kecamatan Cibatu pada Rabu (4/11/2015) malam. Longsor diakibatkan hujan yang mengguyur wilayah tersebut.

Danramil Cibatu Kapten Inf Jaja mengatakan, hujan deras membuat halaman rumah warga bernama Maman Sulaeman, 56, mengalami ambruk. Longsoran itu menimpa rumah lain yang merupakan tetangganya.

“Longsoran tanah lalu menimpa rumah milik Nengsih, 60, hingga ambruk. Diperkirakan pondasi rumah kurang kokoh sehingga tak kuat menahan longsoran,” ujar Jaja.

Jaja menjelaskan, peristiwa ini mengakibatkan kerugian materi sebesar puluhan juta rupiah. Namun sejauh ini seluruh pengisi rumah yang tertimpa longsor seluruhnya dalam keadaan selamat.***Broo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang