longsor-ciamis-300x225 PERISTIWA  Longsor di Ciamis Rusak Rumah dan Lukai Tiga Orang Warga

salah satu bangunan rumah hancur terkena longsoran tanah, foto Dedi Kuswandi

Gapura Ciamis ,- Hujan deras yang mengguyur wilayah Ciamis Utara Jawa barat menyebabkan tanah tebing sepanjang lima puluhan meter longsor dan menghancurkan tiga rumah dan melukai tiga orang warga.

Peristiwa longsor yang membuat kepanikan warga tersebut terjadi di kampung Tanjung Syukur blok Cileueur Gintung, Desa Raja Desa, Ciamis Utara. Bnetangan longsor terjadi sepanjang 50 meter.

“Kejadiannya berawal setelah sebelumya kawasan tersebut diguyur hujan sekitar 2 jam dan sempat terjadi retakan tanah, tapi kami tidak menyangka akan terjadi longsor”, Kata Dedi salah seorang warga setempat, Senin (14/3/2016).

Menurutnya kondisi tanah menjadi abil akibat diguyur hujan deras dengan intensitas sehingga keadaan tanah menjadi sangat labil dan mudah longsor.

“Material tanah berupa bebatuan dan juga pepohonan langsung menimpa tiga rumah milik Maman, Ejen dan Sutinah beserta harta bendanya ludes”, Tuturnya.

Tidak hanya rumah dan harta benda yang hancur akibat longsor tersebut, Tiga orang warga terluka saat hendak menghindari bencana tersebut, salah seorang diantarnya mengalami kritis dan harus medapatkan perawatan intensif di RSUD Ciamis.

Sementara itu guna mengantisipasi terjadinya longsor susulan, sebanyak lima belas kepala keluarga terpaksa harus mengungsi ke tempat yang dianggap aman.

“Untuk sementara mereka mengungsi di Masjid Jamie yang berada di tetangga kampung, kami juga telah memberikan himbauan untuk mencari tempat aman dari bahaya longsor”, Kata HM . Soekiman Asda II Pemkab Ciamis.

Soekiman menambahkan kawasan wilayah sekitar masih sangat rentan terjadinya longsor susulan karena kondisi tanahnya labil.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang