IMG-20160808-WA0000-300x180 PERISTIWA  Garut Melepas 444 Calon Jemaah Haji Kloter Pertama Dari Pendopo

Para Jamaah Caln Haji saat berdatangan di Halaman Pendopo Kabupaten Garut, foto wil

Gapura Garut ,- Ratusan Jemaah calon haji Kabupaten Garut, Senin (8/8/2016) segera dilepas langsung Bupati Garut Rudy Gunawan dari halaman Gedung Pendopo Garut menuju Asrama Haji Pondok Gede. Para Jemaah calon Haji Kabupaten Garut  mendapat kehormatan menjadi kelompok terbang (kloter) pertama Jawa Barat.

Sejak Minggu malam (7/8/2016) ratusan jamah calon Haji telah berdatangan dikompleks Pendopo Garut.  sekitar 444 calon jemaah haji dari jumlah keseluruhan  1352 jemaah calon haji asal Kabupaten Garut siap diberangkatkan.

Kepala Seksi Haji Kantor Kementrian Agama Kabupaten Garut Irwan menyebutkan para jemaah calon haji kloter pertama ini akan berangkat disertai oleh Tim Pemandu Haji Indonesia 1 orang, Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia 1 orang, Tim Pemandu Haji Daerah 1 orang, Tim Kesehatan Haji Indonesia 3 orang yaitu 1 dokter dan 2 orang perawat.

“Jadi jumlah pada kloter pertama ini jadi seluruhnya  yang berangkat dari Garut 450 orang,”Kata Irwan, Senin (8/8/2016).

Menurut Irwan keberangkatan Jemaah calon  Haji Kabupaten Garut seluruhnya akan terbagi pada 4 kloter masing-masing pada kloter 1 tanggal 8 Agustus (444 jemaah), Kloter 10 tanggal 12 Agustus (360 jemaah) , Kloter 47 tanggal 26 Agustus (444 jemaah) dan Kloter 59 tanggal 31 Agustus 2016 (103 jemaah). Dengan waktu kepulangan selama 40 hari semenjak keberangkatan.

Sementara itu Bdang Pelayanan Haji dan Umrah Kanwil Kementrian Agama Jawa Barat memastikan pengiriman paspor haji Jawa Barat ke Kemenag Pusat sudah mencapai 99 persen yaitu  dari total  29.888 jemaah meskipun yang sudah mendapatkan visa haji baru 3.347 jemaah.

“Pesiapan penyelenggaraan ibadah haji terus dikebut khususnya untuk mendapatkan visa haji dari Kedubes Arab Saudi,” kata Kepala Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Jabar Ajam Mustajam melalui Kepala Seksi Dokumen Haji Amar Saepullah, baru-baru ini seperti dilansir pikiranrakyat online.

Dijelaskannya, jumlah jemaah haji sebanyak 29.888 orang masih sama dengan tahun lalu karena dikurangi 20 persen sesuai kebijakan Kerajaan Arab Saudi.

“Jemaah calon haji Jabar terbagi dalam 68 kloter dengan masing-masing kloter terdiri atas 445 jemaah dan 5 petugas kloter. Yakni, masing-masing seorang untuk Tim Pemandu Haji Indonesia (TPHI) atau ketua kloter dan Tim Pembimbing Ibadah Haji Indonesia (TPIHI) serta 3 orang Tim Kesehatan Haji Indonesia (TKHI),” ucapnya.

Kloter 1 Jabar dari Garut akan dijadwalkan terbang memalui Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Selasa 9 Agustus pukul 10.30 WIB.

“Dalam sehari ada kloter jemaah yang masuk ke Asrama Haji Bekasi sesuai dengan kapasitas asrama. Di asrama, jemaah akan mendapatkan pemeriksaan kesehatan, uang bekal atau living cost, dan paspor yang sudah ada visa hajinya,” ucapnya.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com

Penginapan di Garut Pesan Sekarang