Jerman-pungut-sampah-158x300 PERISTIWA  Turis Jerman Bantu Bersihkan Sampah di Pantai Pangandaran

Dua orang turis jerman tampak sedang memunguti sampah, foto istimewa

Gapura Pangandaran ,- Sejumlah turis asal Jerman menggelar aksi bersih-bersih sampah di pantai Pangandaran, Minggu (21/8/2016).

Aksi kepedulian tersebut mereka lakukan untuk menggugah warga dan pemerintah setempat agar lebih peduli terhadap kebersihan obyek wisata andalan Jawa Barat ini. Para turis asal Jerman mengaku  prihatin, sejumlah objek wisata yang ada di Pangandaran dipenuhi dengan sampah.

Sedikitnya ada  20 turis Jerman yang turut serta mengikuti kegiatan bersih bersih sampah di sekitar Lapangan Boulevard, Kawasan Wisata Pantai Barat.

Rombongan turis yang datang dengan keluarga lengkap itu tampak bersemangat memunguti beraneka sampah yang berserak disekitar pantai.

Meski mereka berbaur dengan para relawan lokal yang juga bersama sama melakukan kegiatan bersih bersih , para turis tampak lebih teliti dalam memilah sampah yang mereka jumpai

Menyaksikan aksi para bule yang memunguti sampah, beberapa wisatawan dan warga lokal pun tergerak untuk membantu. Sayang, lebih banyak wisatawan dan warga lokal yang diam dan malah menjadi penonton.

Kehadiran rombongan turis jerman dalam aksi tersebut buah kerjasama  para pegiat lingkungan dari Forum Selamatkan Pangandaran. Kelompok besar lainnya yang juga terlibat dalam kegiatan ini adalah anak-anak binaan Yayasan Meraih Bintang.

Menurut Jack Prawiranegara, pegiat lingkungan yang mendampingi mereka, empat orang turis mewakili rekan-rekan mereka menyampaikan, bahwa diantara mereka delapan tahun silam pernah datang ke Pangandaran.

Turis bernama Michael Marsch, menyebutkan kondisi pantai Pangandaran sejak dulu memang sudah kotor koto dan kurang tertata rapi.

“Tapi kali ini, kondisinya jauh lebih kotor. Kami snorkling, bukan ikan yang kami lihat, tapi sampah,” Kata Marsch yang berusia 50-an tahun itu.

Mereka berharap kedepan akan  lebih banyak tempat sampah di pantai serta lebih banyak petugas kebersihan agar senantiasa kebersihannya terjaga.

Usai mengumpulkan sampah, para turis Jerman belum mau beranjak pulang sebelum melihat sampah-sampah yang mareka kumpulkan diangkut ketempat pembuangan akhir sampah.

Mereka baru beranjak pergi setelah memastikan sampah terangkut habis. Sebelumnya para relawan lokal berusaha mencari kendaraan penarik sampah  dan menyetopnya agar mau mengangkut gundukan sampah yang dikumpulkan para relawan.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang