Sejumlah petugas dan warga saat menyaksikan banjir bandang yang menerjang perkampungan di kecamatan Cikajang Garut, Selasa (9/12/2014). foto jmb

Sejumlah petugas dan warga saat menyaksikan banjir bandang yang menerjang perkampungan di kecamatan Cikajang Garut, Selasa (9/12/2014). foto jmb

Gapura Garut ,- Setelah sejumlah permukiman dikawasan bantaran sungai Cimanuk porak poranda diterjang banjir Bandang pada Selasa 20 September 2016, kini giliran kawasan Desa Mekarjaya Kecamatan Cikajang , kabupaten Garut juga diterjang banjir bandang sejak pukul 14.00, Jumat (23/9/2016).

Banjir bandang yang terjadi diakibatkan  curah hujan yang cukup tinggi dan terjadinya abrasi sungai yang melintasi kawasan hunian penduduk yang berada dikawasan dataran rendah.

Kepala Seksie Kesiapsiagaan pada Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut, Tubagus Agus Sofyan mengatakan hujan yang turun di kecamatan Cikajang terjadi sejak pukul 12.00 siang.

Curah hujan yang cukup tinggi dan terjadinya pendangkalan atau abrasi pada sungai Cibarengkok menjadikan 93 rumah terendam di RT 3, 7, 4, 5 dan RW 3, 4, 5, 6, 7 Desa Mekarjaya Kecamatan Cikajang.

“Ketinggian air pada banjir tersebut mencapai 150 centi meter dan berlangsung hingga pukul 15.30, dan hingga saat ini ada sebagian rumah yang masih terendam. Ada 104 kepala keluarga yang terkena dampak banjir ini dan mereka mengungsi ke sejumlah tempat yang lebih aman di sekitar lokasi kejadian,”Kata Agus, Jumat (23/9/2016).

Kejadian banjir di Desa Mekarjaya, lanjut  Agus bukan kali pertama terjadi, di musim hujan sebelumya kasus banjir di lokasi yang sama pun sempat merendam sejumlah rumah.

Hingga berita ini diturunkan belum ada laporan korban jiwa namun kerugian dipastikan akan menimpa warga yang rumahnya kini terndam banjir tersebut.***Margogo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com