2114592kurnia-meiga-hansamu-yama-indonesia-vs-vietnam780x390-300x232 PERISTIWA  Doa Bangsa Indonesia Terkabul, Timnas Sepakbola Lolos Ke Final AFF 2016

Kurnia Mega Penjaga Gawang Indonesia memungut Bola setelah kemelut dimulut Gawang, foto Istimewa

Gapura Timnas Juara ,- Main dibawah gempuran semangat lawan dikandangnya sendiri, Timnas Indonesia akhirnya berhasil melaju ke final Piala AFF 2016 setelah menahan imbang Vietnam 2-2 dalam laga semifinal leg kedua, di Stadion Nasional My Dinh, Rabu (7/12/2016).

Keunggulan agregat 4-3 atas Vietnam, membuat Indonesia  meraih skor 2-1 saat partai leg pertama di Stadion Pakansari, Cibinong, Sabtu (3/12/2016) membuat Indonesia unggul.

Pada pertandingan yang berlangsung menegangkan, dua gol Indonesia pada laga leg kedua dicetak oleh Stefano Lilipaly dan eksekusi penalti Manahati Lestusen. Sedangkan dua gol tuan rumah dibukukan Vu Van Tanh dan Vu Minh Tuan.

Dominasi permainan Vietnam sejak peluit babak pertama wasit dibunyikan tidak membuat surut semangat pasukan Garuda meski dengan tekanan bertubi-tubi penjaga gawang Kurnia Mega cukup gemilang dalam mengawal bola deras kegawang yang dijaganya.

Indonesia memang sangat direpotkan dengan gempuran pemain Vietnam yang tampil ngotot dengan stamina prima didorong semangat suporter dari publik sepakbola Vietnam yang memenuhi seluruh stadion. Dari sembilan tendangan percobaan buah serangan Vietnam kegawang Indonesia, enam tendangan diantaranya langsung mengarah kegawang Indonesia dan sebagian besar berhasil ditepis Kurnia Mega.

Indonesia yang sempat menemui kebuntuan dalam membanun serangan kedaerah pertahanan lawan akhirnya berhasil menorehkan hasil pada menit ke 54 babak kedua dengan gol Lilipaly dari umpan silang boas Solossa. Kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh, dan bek Tran Dinh Dong gagal mengantisipasi bola sehingga dengan leluasa Lilipaly menyambar bola ke dalam gawang Vietnam.

Cukup lumayan Indonesia bertahan dengan gol dari Lilipaly, bahkan pada menit ke-76, Indonesia diuntungkan dengan keputusan wasit yang mengusir kiper Vietnam, Tran Nguyen Manh yang  mendapatkan kartu merah. Tran Nguyen Manh diusir karena menendang Bayu Pradana setelah terjadi kemelut di depan kotak penalti.

Bermain  dengan 10 pemain Vietnam malah tampil lebih ngotot dan tampak bernafsu untuk segera memasukan bola kegawang Indonesia. Ambisi  mereka terkabul pada menit ke 82 Vu Van Tanh berhasil menyamakan kedudukan skor menjadi 1-1.

Tampil makin percaya diri meski hanya bermain 10 pemain Tim Vietnam berhasil memanfaatkan masa injury time, Vietnam berbalik unggul 2-1 berkat sepakan keras Vu Minh Tuan yang mendapat umpan  dari rekannya.

Agregat pun akhirnya menjadi imbang 3-3 dan bertahan hingga peluit panjang dibunyikan memaksa permainan harus  dilanjutkan ke babak tambahan.

Pada fase babak tambahan, Indonesia mendapatkan penalti dari wasit setelah kiper pengganti Vietnam, Que Ngoc Hai, melanggar Ferdinan Sinaga di kotak terlarang.

Kesempatan ini tak disia-siakan Indonesia. Manahati Lestusen yang ditunjuk sebagai eksekutor berhasil melaksanakan tugasnya dengan gemilang hingga keunggulan kembali buat indonesia dengan skor menjadi 2-2.

Meski Vietnam makin bernafsu untuk mengejar ketertinggalan namun hingga akhir babak tambahan skor tidak berubah dan mengantarkan Indonesia menuju Final AFF 2016.

Untuk  laga finan nanti Indonesia tinggal menunggu pemenang dari laga semifinal lainnya antara  Thailand dan Myanmar. Pertandingan final akan digelar dua kali. Final leg pertama pada 14 Desember, dan leg kedua pada 17 Desember 2016.***TGM

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang