IMG-20171218-WA0029 PERISTIWA  Rump Check, Dua Bus Tak Laik Jalan Ditahan Petugas Terminal Banjar 

Gapura Kota Banjar – Menjelang Natal dan Tahun Baru 2018, petugas Kemenhub terminal type A Kota Banjar bekerjasama dengan Satlantas Polres Banjar menggelar Rump Check Bus di terminal Banjar, Senin (18/12/2017). Hasilnya petugas terpaksa membatalkan pemberangkatan dua Bus AKAP lantaran tidak laik jalan.
Kedua Bus AKAP tersebut yakni dari PO Budiman dan keduanya jurusan Karangpucung-Bandung. Kedua bus yang tidak laik jalan itu lantaran tidak adanya wiper (kipas kaca) dan mengalami kebocoran oli dari mesin.

“Terpaksa kami batalkan pemberangkatannya, karena sangat khawatir akan keselamatan dalam perjalanan. Saya minta kepada pihak pengurus PO bus tersebut untuk segera memperbaikinya,” ujar Dede Kurnia Koordinator Terminal Banjar

Ia menambahkan, bahwa dalam rump check ini pihaknya focus melakukan pemeriksaan soal kondisi kendaraan umum (penumpang) mulai dari ban, wiper lampu, rem tangan, trayek, dan buku KIR, hingga panel-panel yang berada di dalam bus .

“Rump check ini dimulai sejak Jum’at 15 Desember 2017 dan berakhir sampai 2 Januari 2018. Ini wajib dilakukan untuk untuk meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas dan  memberikan keselamatan kepada penumpang saat arus libur Natal dan Tahun Baru mendatang,” imbuhnya.

Dalam giat rump check ini, ia menerjunkan seluruh anggotanya dan khusus dalam pemeriksaan, pihaknya menerjunkan tim penguji dari bidang Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Dinas Perhubungan Kota Banjar.

“Hasil dari rump check ini, seluruh kendaraan atau bus yang kami periksa hampir semuanya laik jalan, dan hanya dua Bus AKAP saja yang terpaksa kami batalkan pemberangkatannya katena tak laik jalan,” pungkasnya.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang