041277900_1414069747-z3-300x165 PROFIL  Susi "Lobster" Pujiastuti Kini Menjadi Menteri

Susi Pujiastuti Menteri Perikanan dan Kelautan RI kabinet Kerja Jokowi-JK, Foto Istimewa

Gapura Talenta,- Susi Pijuastuti, wanita Kelahiran Pangandaran, Jawa Barat 49 tahun silan ini, kini menduduki salah satu jabatan menteri pada Kabinet Kerja Jokowi-JK yang telah diumumkan pada Minggu (26/10/2014) di Istana Negara jakarta.

Susi dikenal sebagai pengusaha maskapai penerbangan Susi Air dan eksportir hasil ikan laut. Susi terlahir dari  keluarga saudagar ternak dikawasan Pangandaran. Meski sekolahnya putus di bangku SMA, insting bisnis Susi terasah tajam, sejalan dengan darah pengusaha yang mengalir dari kedua orang tuanya.

Dengan modal seadanya, Susi yang kala itu masih sangat muda telah merintis usaha sebagai pengepul ikan dikawasan pesisir pantaii Pangandaran, Jawa Barat. Usahanya terus berkembang dengan lobster sebagai ekspor andalan, hingga sempat melambungka namanya degan sebutan “Susi Lobster”, dikalangan nelayan serta warga masyarakat Pangandaran dan sekitarnya.

Untuk kelancaran usahanya dalam mengangkut hasil laut ke berbagai negara dalam kondisi segar, Susi memutuskan membeli sebuah pesawat Cessna. Di sinilah awal mula kelahiran maskapai Susi Air yang kini juga terus berkembang.

Penerbangan yang dirintis Susi Air banyak menggunakan pesawat-pesawat kecil untuk menjangkau daerah-daerah terpencil yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat-pesawat ukuran kecil.

Dalam berbagai catatan yang ada, Pesawat milik Susi Air tercatat adalah salah satu pesawat yang berhasil mendarat pertama kalinya pada saat terjadi bencana tsunami di Aceh tahun 2004 silam.

Pesawat Susi Air berhasil mendaratkan pesawatnya untuk mencapai lokasi dalam mendistribusikan bantuan bagi para korban tsunami tersebut. Maskapainya milik Susi Pujiastuti kini terus berkembang pesat hingga kini berhasil mengoperasikan ratusan rute perintis dan saat ini juga telah berhasil  mendirikan sekolah penerbangan.

Keberhailan Susi Pujiastuti dalam merintis usahanya hingga sukses menjadi pengusaha terkemuka tanah air, tentu saja kini ditunggu keberhasilannya untuk menjalankan roda kementrian yang kini dipimpinnya. Bagi Masyarakat Jawa Barat secara khusus tentu sangat berbangga dengan suksesnya Putra Pangandaran menduduki posisi menteri dan bagi masyarakat Indonesia secara umum menunggu kiprahnya membangun sektot Perikanan dan Kelautan.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang