Ini dia macan Tutul hasil tangkapan warga Cikupa, kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis, foto Dedi

Ini dia macan Tutul hasil tangkapan warga Cikupa, kecamatan Lumbung Kabupaten Ciamis, foto Dedi

Gapura Ciamis , Balai  Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) wilayah III Kabupaten Ciamis akhirnya mengamankan seekor macan tutul dewasa jantan  yang sebelumnya berahasil ditangkap warga menggunakan perangkap besi belum lama ini.

Dari Desa Cikupa,  Kecamatan Lumbung, kabupaten Ciamis, macan tutul tersebut dibawa petugas BKSDA untuk  mencari  tempat rekabilitasi yang dapat menerima hewan dengan  habitat  hampir punah tersebut.

Sebelumnya pihak BKSDA Ciamis telah mendatangkan tim kesehatan hewan  untuk memeriksa kondisi kesehatan fisik macan tutul tersebut.

“Kondisi kesehatannya bagus hanya sedikit stress saja mungkin karena terlalu banyak ditonton warga,” Kata Didin Saripudin Kepala Seksi di BKSDA Jabat wilayah VI Tasikmalaya, Minggu (9/10/2016).

Sebagaimana diberitakan sebelumnya macan tutul tersebut  masuk kedalam sebuah perangkap besi  yang sengaja dipasang warga Cikupa  karena dalam beberapa hari terakhir keberadaan  macan sangat meresahkan, setelah banyak memangsa hewan ternak milik warga setempat. Warga mengaku khawatir keberadaan macan tersebut akan mengancam keselamatan warga.

“Ini penangkapan macan tutul sudah yang ketiga kalinya dilakukan warga disini, mungkin  kawanan macan itu kelaparan sehingga turun lagi dari gunung syawal ke pemukiman kami,”ungkap Asna Maulana salah seorang warga Cikupa.

Menurut Asna warga sengaja memasang perangkap untuk menangkap macan tersebut karena khawatir  keselamatan warga sekitar terancam juga.

“Warga  disini sepakat membuat sebuah perangkap yang pasang  sekitar pemukiman warga yang berdekatan dengan kaki gunung syawal itu dan hasilnya ternyata benar mampu menangkap macam itu,” Sebutnya.

Sementara itu proses evakuasi berjalan cukup lama selain  turun hujan disekitar wilayah Cikupa, juga petugas harus ekstra hati-hati membawa macan tersebut agar tidak makin stress.    Hingga malam hari petugas dari BKSDA baru bisa  mengamankan macan tutul tersebut  ke kantor BKSDA  Ciamis.

Banyaknya macan tutul yang masuk permukiman warga,  pihak petugas BKSDA Ciamis rencananya akan menurunkan tim gabungan di sekitar gunung syawal untuk mengantisipasi turunnya macam kekawasan permukiman warga. Pihak BKSDA  mensinyalir masih ada kawanan macan tutul yang dikhawatirkan dapat mengancam keselamatan warga setempat.***Dedi Kuswandi

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Booking Hotel di Garut? Hayukagarut.com