DSCN9817-300x225 RAGAM  Karang Taruna Desa Haruman Pelopori Pengelolaan Sampah Warga Setempat

Tumpukan sampah yang dikelola Karang Taruna memudahan pihak petugas Tempat Pembuangan akhir sampah mengangkutnya, foto Kus

Gapura Garut ,- Pengurus dan anggota Karang Taruna Cikal Manunggal Desa Haruman, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut terus melakukan berbagai terobosan kegiatan yang berkaitan dengan kemasyarakatan agar menyadarkan warga masyarakat terkait pentingnya memperhatikan keberadaan sampah.

Karang Taruna Cikal Manunggal Desa Haruman mulai mempelopori pemungutan sampah langsung dari warga masyarakat agar warga tidak membuang sampah sembarangan yang mengakibatkan bencana baika banjir maupun ancaman bagi kesehatan dan kebersihan lingkungan.

Ketua Karang Taruna Cikal Manunggal, Aep Wahyu menyebutkan pihaknya pada awalnya banyak mendapatkan keluhan dari ibu-ibu rumah tangga yang mengaku kebingungan untuk membuang sampah rumah tangga.

“Kami akhirnya berembug dengan seluruh pengurus dan anggota Karang Taruna untuk mencarikan solusi bagaimana sampah rumah tangga tersebut bisa diatasi agar warga tidak membuang sampah sembarangan,” Kata Wahyu, Jumat (11/10/2016).

Menurut Wahyu para anggotanya yang  berjumlah sekitar 26 orang kini setiap satu minggu sekali secara rutin bahu membahu mengambil sampah langsung dari warga yang berada diwilayah Desa Haruman.

” Menggunakan gerobak para anggota yang kami tugaskan rutin mengumpulkan sampah dipinggir jalan Raya Leles kemudian  langsung di angkut menggunakan truk sampah ke TPA Pasir Bajing,”Ungkap Wahyu.

Warga masyarakat Desa Haruman lanjut Wahyu, kini  tidak hanya menyerahkan kantong plastik berisi sampah, akan tetapi juga memberikan uang sebesar  Rp 2.000 per bulan sebagai uang upah pengangkutan sampah yang dikelola pihak Karang Taruna.

“Untuk kerlancaran   kegiatan tersebut, kami sangat mengharapkan  dari Dinas terkait dapat memberikan  bantuan mesin penggiling sampah dengan dua unit motor pengangkut sampah karena dengan bantuan mesin penggiling kami dapat langsung mengubah sampah  menjadi material yang memiliki nilai ekonomis dalam rangka  meningkatkan  kreatifitas generasi muda diwilayah kami,” Tuturnya.

Sementara itu H Popon salah satu warga Desa Haruman mengaku bangga dengan  terobosan yang dilakukan Karang Taruna Cikal Manunggal  tersebut.

“Ini terobosan yang bagus dan sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan, saya sangat bangga dengan semangat generasi muda di Karang Taruna ini,”Sebutnya.

Popong mengatakan sebelum ada kepedulian dari Karang Taruna, warga masyarakat Desa Haruman membuang sampah sembarangan bahkan ada yang membuang sampah ke selokan  yang berdampak pada macetnya saluran air  saat musim hujan.

“Setelah ada pengelolaan sampah dari para Karang Taruna warga mengaku lega dan tidak bingung lagi untuk membuang sampah,”ucapnya.

Ditemui terpisah Kepala Desa Haruman Hernawan mengaku   sangat mengapresiasi ide dan  kinerja Karang Taruna di Desanya tersebut.

“Luar biasa saya sangat mengapresiasi dengan kepedulian dari para generasi muda melalui wadah Karang Taruna itu semoga terus berlanjut dan semakin menyadarkan warga kami,”Ungkapnya.

Hernawan menegaskan kepedulian terhadap kebersihan lingkungan adalah tugas seluruh warga masyarakat.

“Alhamdulillah   berkat kerja keras Karang Taruna kini nyaris tidak terlihat lagi ada tumpukan sampah di Desa Haruman karena sudah dibersihkan dan diangkut secara benar,”Pungkasnya.***Kus Kus Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang