wp-1481036064247 RAGAM  Longsor Tanah Perumahan Ganggu Saluran Irigasi di Leles
Gapura Garut ,-Bekas longsoran tanah yang menutup saluran air irigasi membuat hektaran sawah di Desa Sukarame Kecamatan Leles terancam kekeringan.

Longsor yang terjadi beberapa hari lalu berasal dari tanah perumahan yang berada  di Desa Tambaksari Kecamatan Leuwigoong yang belum juga ditangani oleh pengembang perumahan tersebut.

Danramil.Leles, Kapten Dede Kusnaedi mengatakan longsor yang menutup irigasi itu terjadi pada Selasa 13 Desber 2016 lalu.

“Longsor terjadi dari kawasan Perumahan Pondok Mutiara, dimana tanah di sekitarnya memang jebol akibat derasnya hujan yang turun pada saat itu. Material longsoor menimpa lahan pertanian milik penduduk Desa Sukarame luasnya beberapa hektare. Dari laporan awal kerugiannya mencapai Rp112 juta,” Kata Dede, Selasa (20/12/2016).

Selama hampir seminggu, diakui Dede memang tidak ada tindakan dari pihak pengembang perumahan sehingga sempat membuat masyarakat resah karena sawah mereka mengalami kekeringan. 

“Sudah dilakukan musyawarah bersama dengan pihak pengembang perumahan dalam menyikapi longsor tersebut dengan sejumlah pihak. Pengembang perumahan Pondok Mutiara rencananya kamis besok akan menurunkan alat berat untuk  mengatasi masalah irigasi air yang menutup saluran ke pesawahan,” Tuturnya.
Ia berharap pihak pengembang perumahan betul-betul merealisasikan apa yang direncanakan dalam menyikapi longsor dari kawasan perumahan tersebut.

“Dengan begitu masyarakat yang sawahnya terganggu saluran airny bisa kembali beraktifitas dengan baik dalam pengelolaan sawah demi menjaga stabilitas pangen di wilayah Kami,”Pungkasnya.***Margogo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang