IMG-20180103-WA0003-1 RAGAM  Jajaran Kodim 0611 Garut Dampingi Warga Memanen Padi 
IMG-20180103-WA0003 RAGAM  Jajaran Kodim 0611 Garut Dampingi Warga Memanen Padi 

Gapura Garut ,- Demi terciptanya ketahanan pangan di wilayah Kabupaten Garut, para Babinsa melakukan pendampingan kepada para petani mulai persiapan menanam hingga panen. 

Seperti Babinsa di Koramil Samarang, pada Selasa (2/1/2018) melakukan pendampingan panen padi di Kampung Nyangkokot, Blok Bojongsorok, Desa Padamukti, Kecamatan Pasirwangi.

Komandan Koramil Samarang, Kapten Inf Dedi Saefulloh, mengatakan jika program pendampingan petani merupakan komando dari satuan atas demi terciptanya ketahanan pangan yang berdampak pada ketahanan wilayah.

” Oleh karena itu, seluruh Babinsa yang bertugas di Koramil Samarang senantiasa mendampingi petani saat melakukan aktifitas pertanian.”ujarnya.

Menurutnya pendampingan  dilakukan mulai tahapan persiapan atau pembenihan, hingga proses panen, dengan harapan agar lebih meringankan beban petani dan bisa memberikan solusi saat terjadi permasalahan di lapangan.

” selama ini tidak jarang memang petani berhadapan dengan berbagai kondisi yang bisa memengaruhi terhadap hasil pertanian, misalnya pupuk yang sulit. Saat terjadi hal tersebut, para Babinsa mencarikan solusi bahkan menelusuri kenapa pupuk bagi petani bisa sulit didapatkan.”tuturnya.

Ia menambahkan salah seorang anggotanya yakni Kopka Wawan yang melakukan pendampingan memonitor dan membandingkan hasilnya seperti apa setelah setiap tahapan didampingi.

” Jangan sampai juga ada tengkulak yang menekuk harga padi kepada petani sehingga akhirnya petani tidak mendapatkan keuntungan yang maksimal,” tukasnya.***Margo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang