Salah satu penampilan dari Banjar Drum Percusi, foto Hermanto

Salah satu penampilan dari Banjar Drum Percusi, foto Hermanto

Gapura Kota Banjar ,  – Berawal dari iseng hobi nongkrong kumpul-kumpul di sebuah studio musik di jalan Kapten Jamhur Kota Banjar. Namun lama kelamaan, seiring waktu bergulir seiring itupula sejumlah anak muda asli “urang Banjar” yang hampir seluruhnya drummer  secara tidak sengaja menggiringnya untuk membentuk suatu komunitas yang diberi nama Banjar Drum Perkusi (BDP).

Berdirinya BDP ini dipelopori oleh Yadi Suryadi Praja (34) pada awal Januari 2015. Dengan lahirnya BDP, membawa warna tersendiri diantara komunitas-komunitas yang ada di Kota Banjar.

“Kami ingin mewadahi drummer-drummer muda yang ada di Kota Banjar,”ujar Yadi kepada HR , Selasa (19/4/2016).

Menurut Yadi, pertama kali berdiri anggota BDP hanya berjumlah 10 orang, namun seiring dengan berjalannya waktu, kini BDP sudah mempunyai 33 anggota. Mereka rata-rata masih muda dan asli orang Banjar.

“Alhamdulillah, anggota BDP kini bertambah, dan sudah 33 orang yang terdaftar,”imbuhnya.

Pertemuan komunitas ini rutin dilakukan pada hari Minggu di Studio 48 di jalan Kapten Jamhur Kota Banjar. Saat berkumpul, biasanya mereka membuat konsep kegiatan, seperti street drum, event, dan mengarasement lagu.

Pada saat event, anggota BDP yakni Tommy Lau (20) menyabet gelar juara 1 dan Rendi (14) menyabet gelar juara 2 pada acara DrumFest 2014 di areal lapang Terminal Banjar. Mereka berdua mengalahkan drummer-drummer tangguh dari kota Purwokerto, Tasikmalaya, dan Bandung.

“BDP membuktikan bahwa Drummer Banjar bisa bersaing dengan drummer-drummer dari luar kota,”katanya.

Meski masih muda, namun kepiawaian anggota BDP mahir dalam mengayunkan stick drum saat memainkan “bedug inggris” tersebut.

Hal ini dibuktikan pada saat kegiatan street drum di Car Free Day, Minggu (17/4/2016). Penampilan drummer muda Banjar selalu menjadi perhatian yang masyarakat hadir di CFD pada saat itu. Mereka seakan terhipnotis dan berhenti menyaksikan hiburan gratis yang dipersembahkan oleh anak-anak BDP.

“Inilah yang membuat kami selalu bersemangat, apalagi dukungan masyarakat terhadap kami begitu positif,”pungkas pria yang juga seorang PNS di lingkup pemerintahan Kota Banjar ini.

Kini, BDP sudah memiliki single hits 1 Day’s Project feat Banjar Drum Perkusi yang berjudul Satu Hati Satu Rasa.***Hermanto

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com