PENDIDIKAN SENI HIBURAN

Makin Favorite, SMP N 5 Banjar Mulai Lirik Musik Etnik

Gapura Kota Banjar , – Musik etnik kini mulai digandrungi kaum muda khususnya pelajar di Kota Banjar. Setelah grup musik etnik Ensamble Technique (SMK N 2 Banjar) dan Gentra Hikmah (SMK Hikmah Banjar), kini SMP N 5 Banjar pun tak mau ketinggalan, mereka kini tengah merintis musik etnik kolaborasi.
Meski masih belia, namun kemampuan mereka dalam berkesenian tak perlu diragukan lagi. Terbukti beberapa waktu lalu saat mereka tampil di sebuah acara Pemkot Banjar yang berlangsung di Aula Setda Kota Banjar. Para siswa  SMP N 5 Banjar ini mampu tampil memukau dihadapan penonton yang sebagian besar para pejabat tinggi Pemkot Banjar dan pejabat Provinsi Jawa Barat.

Tampil lepas dan enerjik anak-anak SMP N 5 Banjar ini berkat racikan sang pelatih sekaligus guru kesenian SMP N 5 Banjar, Kuntara. Kolaborasi antara musik modern dan tradisional mampu mereka mainkan secara apik, sehingga terdengar harmonis dan unik.

“Sekian banyak jenis musik yang ada, namun masih sedikit para kaum muda yang mencintai jenis musik etnik kolaborasi sebagai identitasnya,” Kata Kuntara, Kamis (30/11/2017).

Kuntara menambahkan, dengan begitu ia sangat tergugah dan mulai mengajarkan jenis genre musik etnik kepada siswanya. Menurutnya musik etnik itu unik, hal ini karena perpaduan antara alat musik tradisional dan modern, namun bisa menghasilkan irama yang khas.

“Kami mulai merintis musik etnik, hal ini supaya siswa bisa lebih menghargai dan mencintai budayanya, khususnya budaya Sunda. Dengan begini, kita pun membuktikan kalau musik etnik itu bukan musik yang ketinggalan jaman,” katanya.

Pimpinan sanggar seni Lokahita ini pun menjelaskan kalau tren musik modern memang selalu lebih disorot dibanding musik tradisional. Namun, meski begitu ia tetap percaya diri dan akan tetap berada di jalur musik etnik.

“Ragam musik dan budaya kita kan banyak, jangan sampai tradisi kita kalah oleh musik modern. Untuk itu, kami akan terus mengembangkan musik etnik bersama seniman musik lainnya yang ada di Kota Banjar,” pungkasnya.***Hermanto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *