tangguh-251x300 SOSIAL POLITIK  Antisipasi Bencana, BPBD Garut Canangkan Desa Tangguh Bencana

Gapura Garut ,- Pencanangan Desa tangguh bencana telah dilakukan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Garut, untuk  tahun ini pihak BPBD Garut mencanangkan enam  Desa untuk dibentuk menjadi Desa Tangguh Bencana.

Keenam desa tersebut adalah Desa Rancabango dan Desa Pasawahan Kecamatan Tarogong Kaler, Desa Pakenjeng Kecamatan Pamulihan, Desa Sukahurip Kecamatan Pangatikan, Desa Mekarjaya dan Desa Cibodas Kecamatan Cikajang.

Kepala Seksi Pencegahan BPBD Kabupaten Garut, Yanyan Agus Supianto, mengungkapkan program Desa Tangguh bencana tersebut merupakan program unggulan Pemerintah Kabupaten Garut dengan target seluruhnya 15 untuk benar-benar menjadi desa tangguh bencana.

“Pemerintah Kabupaten Garut menargetkan sekitar 15 Desa untuk menjadi desa tangguh bencana yang benar-benar siap dalam meghadapi ancaman benacan apapun”, Kata Yanyan kepada wartawan, Jumat (18/9/2015).

Menurutnya, berdasarkan Perka Nomor 1 Tahun 2012 tentang Pedoman Desa/Kelurahan Tangguh Bencana, diharapkan desa-desa sasaran akan lebih termotivasi dalam upaya memandirikan desanya dalam krangka mengupayakan pengurangan resiko bencana di wilayahnya masing-masing.

“Dalam program ini, kami menyelenggarakan beberapa sesi kegiatan, mulai dari pengenalan konsep penanggulangan bencana, analisa dan kajian resiko, pemetaan partispatif, penyusunan rencana penanggulangan bencana desa (RPBDes), pembentukan forum, pelatihan PPGD, serta simulasi dan lokakarya tingkat kabupaten”, Paparnya.

Sementara itu Kepala Desa Rancabango, Gunardi, sebagai salah satu desa yang menjadi target pencanangan daerah tangguh bencana menyambut baik dengan guliran program tersebut.

Gunadi berharap dengan ditunjuknya desa Rancabango sebagai salah satu desa tangguh bencana, mudah-mudahan masyarakatknya akan cepat memahami dan mewaspadai setiap ancaman bencana yang berada disekelilingnya.

“intinya kami sangat menyambut baik program ini, semoga saja warga kami dapat mengambil manfaat dan menjadi masyarakat yang senantiasa siap menghadapi ancaman bencana apapun”, Ungkapnya.

Gunardi menambahkan, pihaknya bertekad kedepan melalui RPJMDes akan segera merealisasikan harapan masyarakat (forum PRB Desa Rancabango) yang terbentuk nanti dengan memasukkan RPBDes di RPJMDes.***Irwan Rudiawan

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang