wp-1478688705591-225x300 SOSIAL POLITIK  Banjir Bungbulang Rusak 6 Jembatan dan 97 Unit Rumah Warga

Banjir di Desa Mekarjaya Kecamatan Bugbulang Kabupaten Garut, foto dok

Gapura Garut ,- Data kerusakan akibat terjangan banjir yang melanda wilayah Kecamatan Bungbulan Kabupaten Garut pada Rabu 9 Nopember 2016 lalu, berdasarkan hasil pendataan yang dilakukan Koramil setempat menyebutkan sedikitnya ada enam jembatan rusak serta 97 unit rumah dengan kerusakan bervariasi mulai rusak ringan hingga berat.

“Seluruhnya ada enam jembatan rusaka kemudian 97 unit rumah yang  dihuni oleh 306 orang, dengan dampak kerusakan yang beragam mulai ringan hingga bera” kata Kapten Agus Sobur Danramil Bungbulan, Jumat (11/11/2016)

Puluhan rumah warga terdampak tersebut, lanjut Agus kebanyakan mengalami kerusakan ringan, sedang bahkan dua unit rumah tergolong rusak berat.

“Dua unit rumah warga mengalami rusak berat, 24 unit rumah rusak sedang, sementara 71 unit lainnya rusak ringan,”ungkapnya.

Agus juga menyebutkan puluhan rumah warga itu tersebar di beberapa lokasi seperti Kampung Ciawitali dan Ciloa, Desa Margalaksana, Kampung Cibalubur dan Cibungur, Desa Cihikeu, Kampung Cikawung dan Cisarua, Desa Hanjuang, Kampung Ciroyom, Desa Mekarjaya, Kampung Sawah Ceuri, Desa Gunamekar, dan Kampung Pasantren, Desa Bungbulang.

“Untuk enam jembatan yang rusak  yakni Jembatan Palahan dengan ukuran panjang delapan meter lebar empat meter, Jembatan Gantung Awibulu ukuran panjang 25 meter lebar dua meter, Jembatan Cisarua ukuran panjang 15 meter lebar empat meter, Jembatan Cihikeu ukuran panjang 20 meter lebar empat meter, Jembatan Sampalan berukuran panjang lima meter lebar tiga meter, dan Jembatan Cicaduk panjang empat meter lebar empat meter,”Paparnya.

Dari keenam jembatan ini, jelas Agus, hanya satu jembatan yang mengalami rusak sedang, yaitu Jembatan Cicaduk. Sementara lima jembatan lainnya terputus dan rusak akibat diterjang banjir.

Sementara itu Camat Bungbulang Heri Hermawan mengatakan, pihaknya masih menginventarisir dampak kerusakan yang terjadi.

“Nilai materi kerugian masih dalam penghitungan, karena daerah yang terkena bencana tersebar bukan hanya di satu atau dua desa saja,” ujar Heri.

Adapun enam desa yang diterjang banjir akibat luapan sejumlah sungai di Kecamatan Bungbulang ini adalah Desa Mekarjaya, Margalaksana, Cihikeu, Hanjuang, Mekarbakti dan Gunamekar. Peristiwa banjir di Kecamatan Bungbulang sendiri terjadi setelah hujan deras mengguyur wilayah tersebut sejak Rabu siang.***Margogo

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Penginapan di Garut Pesan Sekarang