logo-g2w-300x199 SOSIAL POLITIK  GGW Endus Aroma Korupsi di Pelaksanaan Haornas Garut

Garur Goverance Watch, gambar istimewa

Gapura Garut ,- Sejumlah kalangan di Garut mulai menyoroti kinerja Dinas Pemuda dan Olahraga terkait dengan pelaksanaan Hari olahraga nasional (Haornas) tingkat Kabupaten Garut yang dinilai memiliki banyak kejanggalan.

Salah satu yang mendapatkan sorotan publik adalah adanya pungutan oleh pihak Dispora dalam pelaksanaan Haornas tersebut, padahal untuk kepentingan penyelenggaraan kegiatan tersebut sudah dianggarkan dari dana APBD Garut.

Dalam praktiknya pihak panitia penyelenggara Haornas atau Dispora melakukan pungutan dengan dalih  biaya pendaftaran kepada peserta dalam kegiatan Haornas tersebut.

“Baru sekarang penyelenggaraan Haornas harus bayar. Padahal tahun sebelumnya enggak ada itu,”Kata Nurdin, salah seorang atlet futsal, kepada wartawan baru-baru ini.

Ia mengaku dipungut biaya pendaftara sebesar Rp 250 ribu. Padahal sepengetahuannya, penyelenggaraan Haornas telah dibiayai Pemkab Garut dari APBD.

Nurdin menyampaikan harapannya agar  Dispora sebagai dinas baru di Garut bersedia transfaran terkait anggaran penyelenggaraan Haornas.

“Jangan sampai Dispora mengambil keuntungan dari momen kebangkitan olahraga ini.”ucapnya.

Terpisah, Sekjend Garut Governance Watc (GGW), Yuda Ferdinal, mengatakan setiap kegiatan tentunya telah direncanakan dengan baik oleh perencana Pemkab.

“ Jadi tidak mungkin pemerintah  memberikan anggaran kegiatan yang tekor. Saya jadi curiga dengan pengelolaan keuangan Dispora. Jangan-jangan ada permainan,” ujar Yuda, Rabu (11/10/2017).

Yuda berharap Dispora mau transparan terkait anggaran penyelenggaraan Haornas. Pasalnya kalau dobel anggaran tentu nantinya jadi rancu.

“Nanti bentuk laporannya mau seperti apa? Kalau yang termaktub dalam APBD sangat mudah diawasi tapi kalau pungutan seperti yang dilakukan Dispora tentunya jadi liar,”  ungkapnya.

Yuda menegaskan pihaknya di GGW akan turun tangan melakukan investigasi. Ia mencurigai ada tindak pidana korupsi dalam pungutan penyelenggaraan Haornas di Garut.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang