WhatsApp-Image-2017-12-11-at-22.58.08-300x225 SOSIAL POLITIK  Rani Diky Chandra Semangati Gadis Penderita Kanker Payudara

Rani Diky Chandra tampak memberikan suport denga mencium kening Yuliani penderita kanker payudara, foto JMB

Gapura Garut ,- Sebagai penggiat sosial yang memiliki kepekaan sosial yang tinggi, artis Rani Permata Diky Chandra sengaja bertandang ke Garut untuk menjenguk sejumlah warga yang tengah mengalami nasib memprhatinkan.

Salah satu yang tak luput dari perhatian istri mantan wakil Bupati Garut Diky Chandra ini adalah nasib gadis belia bernama Yuliani (17), pelajar kelas 3 Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) 7 Garut yang harus terbaling lemah menahan derita panjang.

Yuliani hanya bisa pasrah terbaring lemas di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr Slamet, Garut, akibat benjolan nyaris sebesar bola futsal, menyembul di bagian payudaranya sebelah kirinya.

“Melihat semangat dan kepasrahannya, Yuli ini sosok gadis remaja yang kuat dan tangguh. Mesti tubuhnya terus digerogoti penyakit namun ia tetap tersenyum dan sabar, itu yang membuat saya terharu dan terenyuh,”ungkap Rani dengan mata berkaca-kaca menahan kesedihan saat melihat kondisi Yuliani di ruang perawatan RSUD dr. Slamet Garut, Senin (11/12/2017).

Rani menyebutkan berdasarkan cerita dari Ibunya, derita panjang Yuliani ini berwal saat sang ibu menemukan benjolan yang tumpuh dibagian payudara Yuli dengan rasa sakit,” Kata Rani menirukancerita  Siti Nurkiimah, kakak kandung Yuliani yang juga menceritakan kisah Ibunya saat mengetahu sang adik mulai menderita penyakit dibagian payudaranya.

Dengan penuh kasih sayang dan perhatian Rani mencoba memberikan motivasi agar Yuliani tetap tegar dan kuat melawan penyakit yang kini dideritanya.

“Yuliani gadis yang hebat dan tangguh, perjalanan kita masih panjang ya sayang tetap sabar, ibu doakan penyakitnya cepat sembuh dan ujian ini cepat berlalu,”ujar Rani sambil mengelus rambut Yuliani.

Yuli pun tampak tak kuasa menahan rasa haru dengan perhatian yang didapat dari sosok Rani Diky Chandra yang ternyata sudah sangat dikenalnya sebagai seorang artis dan banyak muncul dilayar kaca.

“terimakasih ibu, nuhun udah mau menengok Yuli, mungkin Alloh sayang sama Yuli dengan memberikan cobaan ini agar Yuli semakin dekat dengan Alloh,”ungkap Yuli dengan nada putus putus dan berusaha untuk tegas.

Seisi ruanganpun mendadak hening dan memandangi Yuliani yang tampat berusaha untuk terus mengembangkan senyum dengan sorot mata yang mulai berbinar senang kunjungan mantan istri pejabat di Garut tersebut.

Rani-pun menyerahkan bantuan berupa uang tunai untuk sekedar membantu bekal selama menjalani perawatan di RSUD dr. Slamet Garut.

Diberitakan sebelumnya, Yuliani sang gadis malang warga Kampung Ranca Wareng RT 02 RW 16, Desa Bungbulang, Kecamatan Bungbulang, Kabupaten Garut, Jawa Barat ini berharap ada pihak yang mau membantu biaya perawatan dirinya.

“Ibu saya hanya penjual sayuran (masakan) keliling ke pasar, sedangkan ayah saya hanya sopir truk,” Kata Yuliani

Sementara itu Camat Bungbulang Heri Hermawan mengakui awalnya pasien mendapat kesulitan pengobatan akibat keterlambatan pembayaran BPJS, namun akhirnya ia bantu. “Sudah tidak ada masalah itu (BPJS) beres semua,” ujarnya.

Menurutnya, pasien Yuli terbilang pelajar aktif dan pandai selama di sekolah. “Kemarin saja infonya masih ujian, bahkan beberapa waktu sebelumnya masih mengikuti lomba puisi tingkat Jawa Barat,” ujarnya.

Namun, untuk urusan kesehatan yang mengerogoti tubuhnya, ia terbilang pemalu untuk menyampaikannya le pihak guru bahkan dirinya selaku Camat. “Memang anaknya terlihat mandiri tidak mau diketahui bahwa dia sakit,” ujarnya.

Berdasarkan literatur, kelenjar payudara yang ada di ketiak ini sebetulnya kelainan kongenital atau bawaan. Pertumbuhan kelenjar payudara dimulai sejak sebelum bayi lahir. Tahap pertumbuhannya mulai dari atas sampai bawah, misalnya di bagian ketiak, perut, dada, payudara, dan sebagainya.

Pada beberapa kasus ditemukan benjolan kelenjar payudara tumbuh di luar payudara sendiri. Biasanya kelenjar payudara tersebut tumbuh atau ada di ketiaknya atau yang biasa disebut mammae asesoria.

Sebetulnya tumbuhnya kelenjar payudara di ketiak itu sejak dia masih dalam kandungan. Namun keberadaannya baru terasa membesar setelah wanita itu mengalami pubertas yaitu pada saat payudaranya mulai tumbuh atau membesar.

Di tengah proses medis yang tengah dihadapi adiknya. Siti, sang kakak berharap ada pihak lain yang bersedia membantu biaya pengobatannya. “Mau bagaimana lagi memang kondisinya sudah begini,” ujar dia. Anda terketuk untuk membantu.***TGM

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang