DSCN7578-300x225 USAHA & PRODUK  Domba dan Kambing Garut Mulai Diburu Pembeli untuk Hewan Qurban

Gapura Garut ,- Menjelang datangnya hari Raya Idul Adha tahun 2015, para pedagang hewan qurban musiman mulai terlihat bermunculan disejumlah lokasi diwilayah Kabupaten Garut.

Para pedagang hewan qurban musiman di Jalan Raya Baru  Kadungora  tepatnya di depan SMP Negei 1 kadungora Kabupaten Garut, sejak beberapa pekan terakhir menjelang Idul Adha mulai banyak dikunjungi pembeli.

Saat dijumpai dilokasi tersebut, Ceceng Ruiyat salah seorang  penjual hewan qurban jenis domba dan kambing mengatakan, saat ini mulai banyak didatangi para konsumen, namun  seiring itu pula harga jual domba dan kambing untuk qurban juga mulai merangkak naik.

“Sudah mulai rame lumayan dan harganya juga sudah mulai naik, rata-rata Rp 300 ribu hingga Rp500 ribu kenaikan per ekornya”, Kata Ceceng saat ditemui, Rabu (16/9/2015).

Menurutnya,  kenaikan harga  paling tajam terjadi pada domba dan kambing dengan kualitas super atau terbaik, sedangkan untuk kualitas biasa hanya mengalami kenaikan tipis.

“Harga satu ekor domba dengan  berkualitas super bisa mencapai harga Rp 4 juta rupiah dengan perkiraan menjadi sekitar  30 kilo gram  daging , sedangkan untuk harga domba biasa pada kisaran harga Rp 2 juta rupiah per ekor  dengan perkiraan daging 13 Kilo gram “, Ungkapnya.

Ceceng menambahkan, kenaikan  harga jual domba dan kambing akan terus terjadi seiring dengan semakin dekatnya hari H Idul Adha. Biasanya kenaikan harga tersebut dipicu oleh  adanya konsumen yang mencari  umur domba atau kambing yang standar untuk berqurban.

“Biasanya konsumen mencari yang layak dijadikan hewan qurban diantaranya harus berumur  dua tahun lebih dan  sehat,  aturan inipun   langsung  intruksi dari Dinas Pertenakan Kabupaten  Garut”, Tuturnya.

Para penjulan hewan  qurban musian tersebut mengaku tidak khawatir dengan terjadina kenaikan harga menjeelang mendekati hari H qurban, karena mereka juga telah mempersiapkan jauh-jauh hari sebelumnya terutama stock hewan yang akan dijulannya.

Para konsumen hewan qurban yang datang ke Kabupaten Garut, tidak hanya datang dari kalangan warga Garut sendiri, melainkan para pembeli juga berdatangan dari beberapa daerah lain seperti dari Kuningan, Padalarang Bandung, Garut, Tasik dan daerah lainnya.

Sejauh ini Garut memang terkenal sebagai daerah penghasil domba dan kambing unggulan dengan kualitas baik dibandingkan domba atau kambing yag berasal dari daerah lainnya.***Kus Kus Markuseu

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang