udang-vaname-2-300x225 USAHA & PRODUK  Budidaya Udang Vaname Lagi Trend di Pangandaran

gambar tambak udang, foto Istimewa

Gapura Pangandaran ,- Budidaya udang bagi sebagian masyarakat pesisir pantai merupakan lahan usaha yang sangat menjanjikan karena udang merupakan salah satu komoditas yang mudah dipasarkan dan memiliki nilai jual tinggi.

Belakangan jenis udang Vannamei (litopenaeus vannamei) atau sering disebut udang vaname banyak dipilih warga pesisir Pangandaran, Jawa Barat untuk dibudidayakan menyusul potensi pasarnya sangat menjanjikan.

Menurut Adang, salah seorang penggiat budi daya udang Vaname dikawasan Bojong Salawe Kabupaten Pangandaran, udang vaname mempunyai banyak keunggulan, seperti tahan penyakit, pertumbuhannya cepat, masa pemeliharaan singkat (100 sampai 110 hari) serta nilai konversi pakannya  rendah.

“Memang diawal-awal membutuhkan modal cukup besar untuk membudidayakan jenis udang ini, namun modal yang dikeluarkan juga sangat sebanding dengan keuntungan yang akan diperoleh saat musim panen tiba”, Kata Adang saat ditemui belum lama ini.

Ia menambahkan budidaya udang vaname saat ini sudah cukup banyak peminatnya untuk diwilayah Kabupaten Pangandaran,  lokasinya berada dikawasan  Bojong Salawe, Karang Tirta, Batu Hiu, Platar Agung, Margacinta, Cibenda, Batukaras, Nusawiru, Cijulang dan Legok Jawa.

“Saat ini sudah banyak peminatnya, untuk setengah hektar areal tambak, diperlukan benih udang sekitar 300 ribu ekor. Saat dipanen nanti akan mencapai sekitar 5 ton”, Ucapnya.***TG

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang