Ini Dia sosok Agus Sugandi Penggiat anti Korupsi yang terjun menjadi Petani Kopi di Garut, foto jmb

Ini Dia sosok Agus Sugandi Penggiat anti Korupsi yang terjun menjadi Petani Kopi di Garut, foto jmb

Gapura Garut ,- Salah seorang Penggiat Kopi Garut yang terus gencar melakukan upaya budi daya berbagai jenis Kopi dilahan milik Perum Perhutani Kabupaten Garut adalah Agus Sugandi.

Sosok aktifis penggiat anti korupsi pendiri Garut Governance Wacth ini, kini fokus mendalami budi daya kopi dari berbagai jenis yang ditanamnya bekerjasama dengan Perum Perhutani sebagai pemilik lahan yang kini ditanami bibit Kopi.

“Setelah saya melakukan kaderisasi di GGW langsung fokus ke Kopi. Ini sudah hampir lima tahun lebih saya berada dihutan,” Kata Agus saat ditemui di kebun Kopi Kawasan Hutan Pinus  Karacak Kecamatan Sukanegla Kecamatan Garut Kota, Sabtu (3/9/2016).

Menurutnya menggeluti tanaman Kopi telah membuat banyak pengalaman baru dalam hidupnya, selain merupakan dunia baru, mengenal kopi lebih memberikan banyak pelajaran berharga.

“Pokoknya dengan kopi ini saya menemukan banyak hal-hal baru yang sebelumnya tidak pernah terpikirkan. Saya awam sama sekali dalam bertani apalagi kopi. Sebelumnya juga saya bukan penyuka kopi”, Ungkapnya.

Agus mengakui, terjun ke budi daya kopi berkat bimbingan seorang temannya yang sudah lama menggeluti kopi di Garut hingga sangat memahami dari mulai budi daya sampai pengolahan dan proses pemasaran.

“Saya dapat ilmu budi daya kopi ini dari teman saya yang telah lama berkecimpung dalam budi daya kopi. ia sukses mengembangkan berbagai jenis kopi yang ditanaman di Garut hingga hasilnya membuat banyak penikmat kopi mengaguminya,”Tuturnya.

Terkait motivasi yang mendorong dirinya menekuni budi daya kopi, Agus mengatakan semata-mata karena melihat asfek pemanfaatan lingkungan atau ekologi serta bagaimana mensinergikan warga sekitar dengan hutan agar sama-sama menerima manfaat dan memberinya peningkatann kesejahteraan.

“saya mengajak warga disekitar hutan ini untuk sama-sama lebih peduli dengan kelestarian hutan agar lingkungan senantiasa terjaga cadangan oksigen nya. Kuncinya hutan harus dipelihara. Maka dengan pendekatan penanaman hutan bersama warga sekitar ini kelestarianya juga terjaga,” Paparnya.

Melalui budi daya kopi yang terus dikembangkannya, Agus juga segera membuat kawasan agro wisata sejalan dengan pembukaan kawasan hutan yang selam ini ditanami kopi menjadi hutan wisata karena memiliki keindahan alam dengan air terjun dan kawasan camping ground yang luas.

“Mudah-mudahan agro wisatanya segera dapat dibuka dengan wisata dihamparan tanaman kopi yang dilengkapi poses pengolahan alami, memanen kopi serta menikmati langsung kopi di ditengah kebun kopi sambil menikmati keindahan alam disini,”Pungkasnya.***jmb

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Buat Kemasan Secara Online di Kemasaja.com