IMG-20170730-WA0010-300x169 USAHA & PRODUK  Leles Tetap Popular Sebagai Kampung Bendera

Para pengrajin Bendera Leles sedang mengerjakan pesanan pelanggan, foto Kus

Gapura Garut,. Kampung Sayuran Desa Haruman Kecamatan Leles Kabupaten Garut telah menjadi ikon daerah yang terkenal menjadi pengrajin Bendera Merah Putih, Menurut warga setempat,  Sejak tahun 1970 hingga sekarang, Kampung ini dikenal sebagai Kampung Bendera.

Tidak diragukan lagi, hasil produksi warga setempat sudah tersebar keberbagai daerah yang ada di Indonesia.

Salah satunya H. Encep , yang juga warga asli Kampung Sayuran tepatnya di belakang Pasar Leles. Saat ditemui dirumahnya, mengatakan, warga kampungnya sudah lama memproduksi Bendera Merah Putih, “setiap menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus warga disini sudah memproduksi bendera,” Kata Encep, Sabtu (30/7) 2017.

Menurutnya, hasil produksi bendera yang dihasilkan sudah tersebar ke Jawa, Sumatra, Aceh hingga Papua,  melalui para pedagang dan distributor yang juga berasal dari Garut.

Menjelang Hari Kemerdekaan Indonesia 17 Agustus 1945, Sedikitnya sekitar 70 persen warga Kecamatan Leles   mendadak menjadi pengrajin pembuat Bendera Merah Putih.

Selain unggul dari sisi kemasan, Kualitas dan pembuatan Bendera Merah Putih buatan Leles inipun terbilang seragam. Artinya, produk yang dihasilkan dari pengrajin bendera, umbul-umbul dan baligo khas Leles ini tidak bisa dijiplak  oleh daerah lain.

Proses pengerjaannyapun sangat unik, Setiap orang punya tanggung jawab masing-masing. Ada warga yang khusus menjahit, ada pula yang hanya memotong bahan. Mereka  akan terus mempertahankan kualitas dan inovasi produk nya.

Warga Kecamatan Leles akan tetap berjaya sebagai Kecamatan pengrajin Bendera Merah Putih  hingga tahun-tahun mendatang. Ungkap  ‘H  Encep.***Kus

 

Bagaimana Tanggapan Anda ?

Komentar

Desain kemasan online gratis Coba Sekarang